music

Free Music Online
Free Music Online

free music at divine-music.info

Jumat, 29 November 2013

500 Lagu Indonesia Terbaik/Ter-Favorite Sepanjang Masa

500 Lagu Indonesia Terbaik/Ter-Favorite Sepanjang Masa

Lagu itu ibarat kompas. Ia mengantarkan ke masa yang saya ingin mengingatnya. Lagu membuat saya seketika berada di masa itu. Saya mengenang orang-orang dan kejadian-kejadian yang pernah singgah di kehidupan saya lewat lagu. Semua peristiwa penting yang saya hadapi di masa-masa silam sering terhubungkan dengan lagu. Kegembiraan dan kesedihan bisa diwakili oleh lagu-lagu yang didengar. Bahkan, lagu yang sama bisa sekaligus mewakili kebahagiaan dan kedukaan. Lagu selalu menjadi teman setia. Sebegitukah pentingnya lagu buat saya? Iya! Dari kecil sampai sekarang, barangkali sampai mati, saya akan tetap mencintai lagu. Berawal dari seringnya ayah saya membelikan kaset buat saya, dari saya mulai kenal lagu sampai menginjak SMP. Selanjutnya, saya terbiasa membeli sendiri. Saya akui, saya tidak bisa main musik. Kendati saya sudah pernah belajar main gitar kepada teman sewaktu SMA dulu atau kursus drum sewaktu tinggal dan bekerja di Bogor, ternyata saya tidak bisa. Mungkin tidak ada bakat. Mungkin saya lebih pas sebagai pendengar musik saja. Entahlah. Namun, saya masih berminat untuk bisa main gitar, drum, dan piano.
Berdasarkan kecintaan saya kepada lagu, saya ingin sekali membuat daftar lagu-lagu yang menjadi kesayangan saya, yang juga saya anggap sebagai lagu-lagu terbaik. Terdapat sangat banyak lagu yang bagus dan yang saya sukai, namun saya rasa tidak semuanya terbaik atau ter-favorite [menurut selera saya.] Lagu-lagu yang saya pilih tersebut membentang di waktu yang luas, dari saya belum lahir sampai masa kini. Saya sengaja memilih lagu-lagu Indonesia dengan alasan saya lebih familiar dengan lagu-lagu dari negeri sendiri. Sebaliknya, saya tidak menutup diri untuk membuat daftar lagu-lagu ‘luar’ terbaik dan ter-favorite versi saya. Mudah-mudahan setelah kelar dengan daftar ini, saya akan memulai versi luar. Sesungguhnya, membuat daftar “500 Lagu Indonesia Terbaik/Ter-favorite Sepanjang Masa” versi saya cukup sulit. Ada banyak kendala yang hadir. Ketidaktersediaan entry lagu sangat berpengaruh. Dengan susah payah, saya kumpulkan dari kaset-kaset lama yang saya miliki, kemudian koleksi CD [yang jumlahnya terbatas], buka majalah-majalah lama dan majalah musik anyar [Hai, MTV Trax atau Trax, Rolling Stone Indonesia], baca blog kawan-kawan, mengingat-ingat lagu-lagu lama yang keren, kemudian meminta batuan teman [mengirimkan MP3 lagu-lagu jadul], dan lain sebagainya. Setelah terkumpul lagu-lagu yang saya anggap bagus dan yang sukai, lalu saya edit lagi mana yang pantas disebut terbaik/ter-favorite. Di samping itu, banyak lagu yang saya tidak tahu siapa komposernya juga tahun rilisnya. Jujur, ini butuh waktu yang sangat lama. Saya memulainya pada Desember 2010. Cukup lama, ‘kan? Terakhir, memformulasikan 500 lagu-lagu keren tersebut menjadi urutan yang sahih adalah pekerjaan yang tidak main-main. Obyektivitas sepertinya terabaikan, mau tak mau. Subyektivitas bekerja di sini. Susah mengurutkan lagu berdasarkan kualitas secara sempurna! Saya tidak bisa menilai secara musikalitas, kembali ke alasan semula. Yakni, ketidakbisaan saya main musik. Apa pun kendalanya, saya harus melakukannya. Harus! Saya cinta lagu atau musik. Dari kecil saya dijejali lagu-lagu. Bagus dan tidak. Sekarang saatnya
saya membuat penghargaan untuk lagu-lagu yang pernah hadir dalam hidup saya.
Adapun kriteria yang saya patok untuk lagu-lagu Indonesia terbaik dan ter-favorit ini berkisar sebagai berikut:
1. Lirik yang bagus. Bagi saya, lirik yang bagus punya dimensi yang sangat luas. Artinya, tidak hanya memuat tema yang itu-itu saja. Di sini, maksud saya tidak hanya lagu yang bernuansa cinta melulu. Ada banyak hal yang bisa ditulis dalam sebuah lagu. Penggunaan kata yang tidak umum salah satu yang saya anggap baik. Rangkaian kata yang keren, puitis, dan diksi yang pas juga berperan. Saya suka lirik lagu yang menyemangati atau kata-kata galau yang membuat suasana gloomy, yang kemudian bisa memengaruhi mood saya. Intinya, lirik lagu itu bisa men-drive saya. Ada nilai ‘kejut’-nya. Harus ditulis dalam bahasa Indonesia, paling tidak 60 persen.
2. Aransemen yang keren. Aransemen sebuah lagu mencerminkan baik atau tidaknya sebuah lagu. Saya bisa menikmati sebuah lagu dengan musik yang megah dan komplit, juga bisa mencintai yang sederhana [yang hanya memakai satu alat musik] jika ditata dengan baik.
3. Warna musik. Jenis lagunya tidak terbatas. Bisa apa saja. Walaupun warna pop yang paling kerap muncul, bukan berarti jenis musik lain seperti rock, jazz, blues, dance/disko, R&B, dangdut, reggae, alternative, balada, country, juga bernuansa etnik terabaikan. Semua jenis lagu ada di sini.
4. Interpretasi vokalis. Ini penting sekali. Lagu-lagu yang baik memiliki syarat ini. Adanya senyawa penyanyi dan lagu yang dibawakannya. Sebagai tambahan, saya tidak peduli dengan teknik bernyanyi yang disarankan pakar. Bernyanyi dengan apa adanya, dengan menggunakan insting tanpa teknik, juga bisa melenakan.
5. Pencipta & penyanyi. Pencipta lagu mesti WNI. Paling tidak salah satu komposernya mesti orang Indonesia. Bagi saya, penyanyi tidak harus orang Indonesia. Musisi yang terlibat dalam lagu tersebut harus ada orang Indonesia.
6. Penyanyi & lagu. Penyanyi yang memopulerkan tidak harus penyanyi yang pertama [asli]. Ada banyak lagu yang terdengar bagus setelah dinyanyikan ulang oleh penyanyi lain. Ada juga lagu yang sering dinyanyikan oleh beberapa penyanyi, tapi penyanyi aslinya tidak dikenal.
7. Everlasting & tidak membosankan. Lagu-lagu yang saya pilih sebagai lagu-lagu terbaik/ter-favorite harus everlasting dan tidak membosankan. Artinya, walaupun didengar berulang kali, saya tidak cepat bosan. Atau kadar membosankan dari lagu-lagu tersebut cuma sedikit. Dan, umurnya tidak terbatas.
8. Lagu-lagu tersebut pernah dirilis dalam bentuk kaset, piringan hitam, CD. Tidak harus lagu yang hit. Malah, sering lagu yang tidak hit yang saya rasa bagus.
9. Bukan karya jiplakan. Banyak komposer terilhami oleh lagu-lagu lain, biasanya lagu luar. Bagi saya, itu lumrah. Namun jika menulis lagu persis seperti lagu lain, itu namanya menjiplak. Dalam daftar saya ini, ada beberapa lagu yang dituduh menjiplak lagu lain. Setelah saya dengar ulang, saya rasa tidak jiplakan. Musik dasarnya agak mirip. Lalu ada dua lagu lawas yang merupakan kesayangan saya. Kritikus bilang, lagu-lagu tersebut jiplakan. Saya berusaha mencari lagu ‘barat’ yang dianggap sumber lagu-lagu tadi, tapi tidak bertemu. Akhirnya, saya tetap memasukkannya. Hehehe… Kemudian, ada satu lagu keroyokan yang bagus. Saya masukkan lagu tersebut di list ini. Ketika saya mendengar satu lagu barat tahun 80an yang cukup populer, beberapa bagian dari lagu keroyokan mirip dengan lagu barat tersebut. Saya putuskan untuk mencoretnya dalam daftar.
10. Terbaik & Ter-favorite. Ini kombinasi yang sedikit membingungkan. Terbaik berarti teruji bagus dengan syarat-syarat tertentu [termuat di atas, dari no 1-9]. Ter-favorite berdasarkan selera saya, yang terangkum dari ribuan lagu Indonesia yang saya sukai.
PS: Ada beberapa penyanyi atau band dan komposer yang lagu-lagu mereka banyak masuk dalam daftar ini. Itu tidak disengaja. Saya berusaha se-obyektif mungkin, berdasarkan ‘ter’ yang saya syaratkan di atas. Ada juga penyanyi yang bersuara bagus. Saya mengoleksi semua albumnya [kaset dan CD]. Namun, tak satu pun lagu solonya yang masuk. Hanya versi duet, di mana lagu tersebut awalnya terdapat di album partner duetnya.
1.    Kita Masih Muda [Titi DJ] : 1989
2.    Kirana [Dewa 19] : 1997
3.    Trauma [God Bless] : 1988
4.    Etalase [Sore] : 2005
5.    Lara Melanda [KLa Project] : 1990
6.    Rumah Yang Yahud [Naif] : 1998
7.    Sepercik Air [Deddy Stanzah] : 1978
8.    Lalu Ke Mana [Dodo Zakaria feat. Vina Panduwinata] : 1986/87
9.    Sayang [Hetty Koes Endang] : 1980
10.    Bisa Lebih Bahagia [Nugie] : 2004
11.    Lagu Untuk Sebuah Nama [Ebiet G. Ade] 1979
12.    Kisah Kehidupan [Karimata feat. Harvey Malaihollo] : 1986
13.    Rock Buat Pertiwi [Euis Darliah & Emilia Contessa] : 1988
14.    Inilah Saya [Atiek CB] : 1990
15.    Aku Pasti Datang [Utha Likumahuwa] : 1985
16.    Masih Adakah Ceria [Vina Panduwinata] : 1983
17.    Masih Banyak [January Christy] : 1990/91
18.    Bencana [Edo Kondologit] : 1998
19.    Badai Pasti Berlalu [Berlian Hutahuruk] : 1977
20.    Semoga Kau Tak Tuli, Tuhan [Iwan Fals] : 1982
21.    Perjalanan Panjang [Conny Constantia] : 1988
22.    Kamu Harus Pulang [Slank] : 1994
23.    Tinggal Legenda [Nicky Astria] : 1984
24.    Bumi Ini [Melly] : 1999
25.    Balada Sejuta Wajah [God Bless]
26.    Dengarlah Suara Kami [Utha Likumahuwa] : 1984
27.    Anak-Anak Terang [Suara Persaudaraan] : 1986
28.    Impresi [Pas Band] : 1994
29.    Belaian Sayang [Bing Slamet] – [Ruth Sahanaya] : 1999
30.    Musim Bunga [Franky & Jane] : 1978
31.    Sendiri [Chrisye] : 1985
32.    Kuldesak [Ahmad Dhani & Andra Ramdhan] : 1998
33.    Gie [Eros SO7 feat. Okta] : 2005
34.    Cahaya Bulan [Eros SO7 feat. Okta] : 2005
35.    Gusti [Euis Darliah] : 1986
36.    Posesif [Naif] : 2000
37.    Bocah [Pas Band] : 1998
38.    Di Hari Ini [Paquita] : 1995
39.    Pencuri Hati [tERe] : 2005
40.    Mereka Bukan Kita [Utha Likumahuwa] : 1985
41.    Berhenti Berharap [Sheila On 7] : 2003
42.    Caplang [Dodo Zakaria feat. Nicky Astria] : 1986/87
43.    Dunia Belum Kiamat [Muchsin Alatas & Titik Sandhora]
44.    Aku Ingin [/rif] : 1998
45.    Kepada Perang [Gong 2000] : 1991
46.    Kupu-Kupu Hitam Putih [Iwan Fals] : 2002
47.    Hey [KLa Project] : 1992
48.    Aku Di Sini Untukmu [Dewa 19] : 1997
49.    Lensa Kamar Putih [Symphony] : 1982
50.    Burung Camar [Vina Panduwinata] : 1985
51.    Damai BersamaMu [Chrisye] : 1996 / [Franky & Jane]
52.    Satu Dunia [Waiting Room] : 2000
53.    Tubuhmu Membiru… Tragis [Efek Rumah Kaca] : 2008
54.    Cakrawala Senja [Fariz RM] : 1977
55.    Pelangi [Koes Plus] : 1972
56.    Tentang Kita [KLa Project] : 1988
57.    Elang [Dewa 19] : 1999
58.    Maret 1989 [God Bless] : 1989
59.    Piknik 72 [Naif] : 1998
60.    Kosong [Pure Saturday] : 1995
61.    Yogyakarta [KLa Project] : 1990
62.    Radja [/rif] : 1997
63.    Ingin Jadi Presiden [Refugee Indonesia] : 1999
64.    Hasrat [Kiki Maria] : 1985 – Semoga [Neno Warisman]: 1984
65.    Kandas/Tragedi Semata [Dodo Zakaria feat. Noor Bersaudara] : 1986/87
66.    Cukup Siti Nurbaya [Dewa 19] : 1995
67.    Lestarikan Alam Ini [Dian Pramana Putra] : 1986
68.    Pagi [Tika Bisono] : 1987 / [Chrisye] : 1996
69.    Kita Berbeda [Titi DJ] : 1999
70.    Nurlela [Bing Slamet]
71.    Nada Kasih [Fariz RM feat. Neno Warisman] : 1987
72.    Gemilang [Krakatau] : 1987
73.    Cerita Damai [Yovie & NUno feat. Nina Tamam] : 2001
74.    Warna [Sheila Majid] : 1988
75.    Kuajak Kau Kembali [Suara Persaudaraan feat. Ikang Fawzie, Atiek CB, Nicky Astria, Lucia] : 1986
76.    Goreslah Mata Penamu [Dodo Zakaria] : 1986/87
77.    Tuhan Ada Di Mana-Mana [January Christy] : 1986
78.    Terjaga [Harry Moekty] : 1988
79.    Melepas Duka [Ruth Sahanaya] : 1987
80.    Nuansa Bening [Keenan Nasution] : 1978
81.    Di Batas Bayang Senja [Chrisye] : 1983
82.    Bunda [Potret] : 1997
83.    Panggung Sandiwara [Duo Kribo] : 1978
84.    Demi Anak Cucu Kita [Imaniar & Purnomo Sikas] : 1986
85.    Lukisan Negeriku [Vina Panduwinata] : 1987
86.    Malaria [Harry Roesly] : 1973 / [Erwin Gutawa feat. Kikan] : 2007
87.    Damai Tapi Gersang [Hetty Koes Endang & Adjie Bandi] : 1977
88.    Mobil Balap [Naif] : 1998
89.    Tutup Mata [January Christy] : 1990/91
90.    123 [Farid Hardja feat. Ahmad Albar] : 1985
91.    Barcelona [Fariz RM] : 1988
92.    Kumpul Bocah [Vina Panduwinata] : 1985
93.    Kebebasan [Singiku] : 1996
94.    Masa Kecilku [Elfa’s Singers] : 1987
95.    Percikan Api [Titi DJ] : 1989
96.    Tididit [Sweet Martabak] : 1998
97.    Selamat Tinggal [Fransica Insani] : 1990
98.    Jika [Melly feat. Ari Lasso] : 1999
99.    Suzie Bhelel [Fariz RM] : 1989
100.    Tanah Airku [Twilite Orchestra feat. Rita Effendy] : 1998
101.    Maafkan Saya, Soewondo [Potret] : 2003
102.    Kesaksian [Katanta Takwa] : 1990
103.    Negeri Di Awan [Katon Bagaskara] : 1994
104.    Menjanda [Rita Effendy] : 2000
105.    Ketika Musim Semi Tiba [Euis Darliah] : 1987
106.    Percayakah Kasih [Jockie Soerjoprajogo feat. Iwan Fals & Vina Panduwinata] : 1985
107.    Huma Di Atas Bukit [God Bless] : 1975
108.    Rumpi Pasar [GSP feat. Ferina & Lita] : 1989
109.    Berbagi Kasih [Gito Rollies feat. Geronimo] : 1986
110.    Kebebasan [Imaniar] : 1988
111.    Perasaan Ini [Ermy Kullit] : 2000
112.    Anggun [Elfonda Mekel] : 1999
113.    Cinta Adalah Jawabnya [Andre, Katon, Nugie] : 2003
114.    Pulang [Dewi Lestari] : 2005
115.    Merpati Putih [Chrisye] : 1977
116.    Esok Kan Masih Ada [Utha Likumahuwa] : 1984
117.    Apatis [Benny Soebardja] : 1978
118.    Hasrat & Cita [Andi Meriem Mattalata] : 1979
119.    Dan Senyumlah [Sinikini] : 1998
120.    Tak ‘Kan [Guest Band] : 1990
121.    Satu Mimpiku [The Groove] : 1999
122.    Kalimantan [Itang Yunasz] : 1987 / [Chrisye] : 1997
123.    Petaka [Titi DJ] : 1989
124.    Sirkus, Optik, Dan Video Games [Symphony] : 1982
125.    Bara Api [Iskandar Z. Sembiring] : 1987
126.    Mabuk Asmara [Indrayana] : 1990
127.    Musik Bahasa Dunia [Andy Ayunir] : 1989
128.    Kepada Angin Dan Burung-Burung [Franky & Jane] : 1977
129.    Wanita [Harvey Malaihollo] : 1995
130.    Dealova [Once] : 2005
131.    Yang Esa Dan Kuasa [Dhenok Wahyudi] : 1978
132.    Nyi Roro… [Ekki Soekarno feat. Ahmad Albar] : 1988
133.    Bila Kita Harus Melangkah [January Christy] : 1989
134.    Mimpi Dan Rumah Ketujuh [Indra Lesmana] : 2002
135.    Tutup Mata [January Christy] : 1990/91
136.    Wa Laah… [Netral] : 1994
137.    Kesepian Kita [Pas Band feat. tERe] : 2001
138.    Statis [Plastik] : 1997
139.    Kurindukan [Gigi] : 1997
140.    Terbunuh Sepi [Slank] : 1994
141.    Ayun Langkahmu [Yopie Latul] : 1986
142.    Bis Sekolah [Koes Plus]: 1964 / [Noor Bersaudara]: 1989
143.    Jauh [Naif] : 1998
144.    Disko Di Rumah [The Safari] : 2006
145.    Nafas Cinta [Anggun C. Sasmi] : 1991
146.    Ozon [Adegan] : 1995
147.    Rumahku [Oppie] : 1996
148.    Kembali [Koes Plus]
149.    Muak [Kidnap Katrina] : 1993
150.    Tombo Hati [Opick] : 2004
151.    Anyer 10 Maret [Slank] : 1994
152.    Matahari Dan Rembulan [Nicky Astria] : 1991
153.    Terbang [Gigi] : 1998
154.    Belum Ada Judul [Iwan Fals] : 1992
155.    Si Muda Pembaruan [KLa Project] : 1990
156.    Sesat [God Bless] : 1975
157.    Punk Hari Ini [Superman Is Dead] : 2003
158.    Bumi Hari Ini [Iwa K] : 1998
159.    Indah Kuingat Dirimu [Yovie & NuNo] : 2001
160.    Mimpi Yang Terbeli [Iwan Fals] : 1989
161.    Kujelang Hari [Denada] : 1995
162.    Mega Pagi [Krakatau] : 1988
163.    Angan [Gigi] : 1994
164.    Sulap Bencana [ITB Jazz Choir] : 1988
165.    Renjana [Grace Simon] : 1976
166.    Terpuruk Ku Di Sini [KLa Project] : 1993
167.    Pesta [Elfa’s Singers] : 1987
168.    Sakuku Rata [James F. Sundah feat. Jala-Jala] : 1989
169.    Negeriku [Chrisye] : 1997
170.    Tersenyumlah [January Christy] : 1990/91
171.    Esek-Esek Udug-Udug [Swami] : 1990
172.    Hilang [RumahSakit] : 1998
173.    Tak Komentar [Indra Lesmana] : 1991
174.    Pergilah Kasih [Catio] : 1989
175.    Bunga [/rif] : 1997
176.    Pelangi [Chrisye] : 1977
177.    Kupu-Kupu [Melly] : 1999
178.    Ibukota [Jean Patikawa] : 1989
179.    Episode Cinta Yang Hilang [Ebiet G. Ade]
180.    Seperti Yang Kau Minta [Chrisye] : 2002
181.    Cuma Khayalan [Oppie] : 1993
182.    Ceria [Katara Singers & Wachdach Band] : 1988
183.    Cerita Kota [Potret] : 1997
184.    Kemarau [New Rollies] : 1979
185.    Sakura [Fariz RM] : 1980
186.    Akhirnya [Deddy Dhukun feat. Oddie Agam] : 1987
187.    Jeritan Seberang [Yockie Suryoprayogo feat. Chrisye] : 1977
188.    Seduka Itu [Indy] : 1996
189.    Seperti [Plastik] : 1996
190.    Manusia Malam [Iwa K.] : 1993
191.    Syair Kehidupan [Ahmad Albar] : 1985
192.    Selatan Jakarta [Dewa 19] : 1997
193.    Ibu [Iwan Fals] : 1988
194.    Rindukan Damai [Gigi feat. Aning Katamsi] : 1998
195.    Jelaga [Ahmad Albar] : 1979
196.    Bojoku [Oddie Agam feat. Anggun C. Sasmi] : 1990
197.    Dunia Semakin Kelam [Indra Lesmana]
198.    Sendiri [Cokelat] : 2000
199.    Selamanya [Memes] : 1994 / [Sisca] : 1997
200.    Maaf [Vina Panduwinata] : 1983 / Harvey Malaihollo [1986]
201.    Genit [TipeX] : 1999
202.    Ratu Sejagad [Vonny sumlang] : 1987
203.    Sudikah Kamu [Ronny Sianturi] : 1994
204.    Saat Terindah [Fariz RM feat. Titi DJ] : 1989
205.    Pesona Indah [Wondergel] : 1998
206.    Malam Yang Dingin [Melky Goeslaw & Diana Nasution] : 1977
207.    Astaga [Ruth Sahanaya] : 1987
208.    Menghitung Hari [Krisdayanti] : 1997
209.    Senandung Maaf [White Shoes & The Couple Company] : 2005
210.    Indonesia Jaya [Harvey Malaihollo] : 1987
211.    Kehidupan [God Bless] : 1988
212.    Kompor Meleduk [Benyamin S. & D’Strangers] : 1970 / [Agrikulture] : 2007
213.    Ikuti [Edane] : 1992
214.    Bebas [Iwa K.] : 1994
215.    Tertipu [Nugie] : 1995
216.    Kasmaran [Itang Yunasz] : 1987 / [Doddy Soekasah feat. Keenan Nasution] : 1999
217.    Wajah [Titi DJ] : 1989
218.    Sejuk Dan Teduh [Harry Roesly] : 1992
219.    Naluri Cinta [Rita Effendy & Amiroez] : 1990
220.    Sahabat [Karimata feat. Katara Singers] : 1988
221.    Pagi [Imaniar] : 1988
222.    Kekaguman Cintaku [Dewi Gita] : 2000
223.    Cinta Pertama [Anna Mantovani] : 1975 / [Berlian Hutahuruk]
224.    Cinta [Titiek Puspa] / [Sam Bimbo] / [Grace Simon] / [Rossa] : 2004
225.    Bisa Jadi [ReZa feat. Titi DJ] : 2002
226.    Langkahmu [Warna] : 1999
227.    Semua Ada [Malyda] : 1989
228.    Sydney [Indra Lesmana] : 1990
229.    Sepi Diri [Titi DJ] : 1985
230.    Jumpa Kamu [KLa Project] : 1989
231.    Janji [Gigi] : 1995
232.    Ceplas-Ceplos [Jala-Jala & Cover Boys] : 1989
233.    Suasana Saat Itu Indah [Vina Panduwinata] : 1985
234.    Misteri Cinta [Christ Kayhatu]
235.    Dalam Kegelapan [Harry Moekty] : 1987
236.    Api Asmara [Rien Djamain]: 1975
237.    Sendiri [Titiek Puspa]
238.    Di Bawah Sinar Bulan Purnama [Chrisye] : 2002
239.    Mestinya… [tERe] : 2003
240.    Kupu-Kupu Malam (Dia Ingin Hidup) [Titiek Puspa] : 1977
241.    Melati Dari Jaya Giri [Bimbo] : 1971
242.    Bersama [Humania] : 1996
243.    Bukanlah Materi [Indra Lesmana] : 1991
244.    Bunda [KLa Project] : 1989
245.    Hidupku Penuh Warna [Titi DJ] : 1989
246.    Aku Cinta J.A.K.A.R.T.A. [C’mon Lennon] : 2004
247.    Lepas Kendali [Humania] : 2000
248.    TV Junkie [Oppie] : 2001
249.    Duniaku Tersenyum [Vina Panduwinata] : 1984
250.    Biarkan Hujan [Franky & Jane]
251.    Ketika Tangan Dan Kaki Berkata [Chrisye] : 1997
252.    Api Telah Padam [The Rollies]
253.    Perdamaian [Suara Persaudaraan feat. Vina Panduwinata, Utha Likumahuwa, Harvey Malaihollo] : 1986
254.    Goyang Dunia [Amiroez] : 1989
255.    Gairah Tak Biasa [Ahmad Band] : 1998
256.    Bunga Trotoar [Swami] : 1990
257.    Mesin Kota [Yockie Soerjoprajogo] : 1979
258.    Optimis [Deddy Dhukun] : 1987
259.    Putra Sang Fajar [January Christy] : 2001
260.    Aku Jadi Aku [Atiek CB] : 2000
261.    Music [Waiting Room] : 2003
262.    Selamat Tinggal Kenangan [Vina Panduwinata] : 1984 / [Ricky Basuki]
263.    Apa Seh? [Iwa K] : 2002
264.    Salam Terakhir [Ikang Fawzie] : 2002
265.    Persembahan Dari Surga [Dewa 19] : 1999
266.    Mentari [Spirit] : 1993
267.    Masihkah Ada Senyum [Edane] : 1992
268.    Berita Kepada Kawan [Ebiet G. Ade] : 1979
269.    Tentang Seseorang [Anda] : 2002
270.    Hidup Yang Sepi [Koes Plus]
271.    Kemarau [Prambors Band] : 1977
272.    Bersatu Dalam Damai [Utha Likumahuwa] : 1984
273.    Andaikan Kau Datang [Koes Plus] / [Erwin Gutawa feat. Ruth Sahanaya] : 2004
274.    Palestina [Gang Pegangsaan feat. Fariz RM] : 1989
275.    Sendiri [tERe] : 1999
276.    Mandiri [Sadhana Devi & Pesona VG] : 1987/88
277.    Padamu Matahari [Vonny Sumlang] : 1986
278.    Gerimis Aje [Benyamin S & Ida Royani]
279.    Lenggang Jakarta [Andi Meriem Matalata] : 1987
280.    Jerit Anak Manusia [Nicky Astria] : 1987
281.    Somos Lebros [Sore] : 2005
282.    Potret [Renny Jayusman] : 1987
283.    Yakinimu [UAB] : 1990
284.    Pesta Pora [Lydia Noorsaid] : 1987
285.    Pemuda [Chaseiro] : 1978
286.    Suara Hati Yang Damai [Vina Panduwinata] : 1982/83
287.    Bayanganmu [Flowers] : 1997
288.    Haruskah Kuberlari [Freddy Tamaela] : 1985
289.    Radio [Sheila On 7]
290.    Pergi Tanpa Pesan [Sore] : 2006
291.    Pulang Ke Hatimu [Shera] : 2005
292.    Bunda [Iwan Fals] : 1987
293.    Gempita Dalam Dada [Harvey Malaihollo] : 1986
294.    Dimensi [Ahmad Band] : 2005
295.    Mistery [God Bless] : 1989
296.    Selamat Pagi [Indy] : 1996
297.    Atur Aku [Puppen] : 1996
298.    It’s Finish [Sadhana Devi] : 1988
299.    Hanya Misteri [Euis Darliah] : 1985
300.    Melati Putih [January Christy] : 1989
301.    Restoe Boemi [Dewa 19] : 1995
302.    Cinta Diri [Utha Likumahuwa] : 1978
303.    Laron-Laron [Makara] : 1986
304.    Masa Kecil [Karimata feat. Ruth Sahanaya] : 1987
305.    Ironi [Lydia & Imaniar] : 1985
306.    Tapi Mungkinkah [Titi DJ] : 1987
307.    Kemenangan [Nicky Astria] : 1986
308.    Kita [Sheila On 7] : 1999
309.    Selamat Pagi [Deddy Dhukun & Kita feat. Pinky] : 1990
310.    Tentang Aku [Jingga] : 1996 / [Ape On The Roof feat. Fe] : 2006
311.    Nuansa Biru [Andi Meriem Mattalata] : 1987
312.    Yang Terlupakan [Iwan Fals] : 1981
313.    Oo Aa Ee Oo! [Digital Music Crew] : 1990
314.    Terlupa [Deddy Dhukun & Kita] : 1990
315.    Begadang [Rhoma Irama] : 1974
316.    Kini [Rossa] : 2002
317.    Engkaulah Satu [Amiroez] : 1988
318.    Kasih Tiada Berpadu [Kiki Maria] : 1982 / Delly Rollies
319.    Apa Kabar [Halmahera] : 1997
320.    Dekat Pada Tuhan [GSP feat. Iwan Wiradz] : 1989
321.    Menepis Bayang Kasih [Rita Effendy] : 1990/91
322.    Kembalikan Baliku [Yopie Latul] : 1987
323.    Keputusan [Ekki Soekarno feat. Symphony ‘82] : 1989
324.    Biru [Kidnap Katrina] : 1993
325.    Kelana Bersama [Bonita feat. Petrus Briyanto Adi] : 2009
326.    Selamat Pagi [RAN] : 2007
327.    Negeri Surgawi [Drakhma]
328.    Tak Kasat Mata [The Alv] : 2000
329.    Aku Cinta Kepadamu [Vina Panduwinata]: 1985
330.    Lepas Kontrol [Fariz RM] : 1988
331.    Bento [Swami] : 1990
332.    Hari Ini Dia, Esok Siapa? [Suara Persaudaraan feat. Tika Bisono & Pahama] : 1986
333.    Yang Menangis [Edo Kondologit] : 1998
334.    Harapan Bunda [Ahmad Albar]
335.    Cerita Lalu [Bunglon] : 1999
336.    Burung Kecil [The Rollies]
337.    Poppies Land Memory [Slank] : 1998
338.    Kau [Dua] : 2006
339.    Waltz Muram [Tika & The Dissidents] : 2009
340.    Halimun [Adolf Wemay] : 1987/88
341.    Om Pimpa [Bagoes AA.] : 1986
342.    Kugapai CahayaMu [Gang Pegangsaan feat. Harry Sabar] : 1989
343.    Kentut Siapa? [Potret] : 1998
344.    Isi Rimba Tidak Ada Tempat Berpijak Lagi [Iwan Fals]
345.    Haus Di Padang Tandus [The Rollies] : 1985
346.    Ada Kamu [Irianti Erningpraja] : 1986
347.    Berhenti Di Sini [Syaharani] : 2002
348.    Doa Pengobral Dosa [Iwan Fals]
349.    Sudah [Ahmad Band] : 1998
350.    Pasir Putih [Harry Moekty] : 1990 / [KLa Project] : 1992
351.    Mimpi [Anggun C. Sasmi] : 1989
352.    Diriku/mu [Flowers] : 1997
353.    Penyusup Pesta [Agrikulture] : 2007
354.    Mawar Pucat Pasi [Sujiwo Tejo] : 2002
355.    Yang Terjadi [Karimata feat. Ricky Basuki & January Christy] : 1986
356.    Kapankah Kita ‘Kan Berlabuh [Ebiet G. Ade]
357.    Ciluk Ba… [Bagoes AA.] : 1990
358.    Cinta Putih [Titiek Puspa] / [Grace Simon] / [Yuni Shara] : 2002 / [Melly] : 2009
359.    Konservatif [The Adams] : 2005
360.    Bayang-Bayang Jingga [Kiki Maria] : 1982
361.    Siapakah Kau? [Jean Patikawa] : 1987
362.    Biar Kunikmati [Rieka Roeslan] : 2004
363.    Tentang Petang [Tika & The Dissidents] : 2009
364.    Bersuka Cita [Atiek CB] : 1987
365.    Kembali Ke Jakarta [ Koes Plus] : 1969
366.    Janji Di Atas Ingkar (Mendua) [Yovie & NUno feat. Audy] : 2001
367.    Bimbi [The Rollies]
368.    Citra Biru [Vina Panduwinata] : 1981
369.    Tabrak Lari [Yossie Lucky] : 1987
370.    Bila Waktu T’lah Berakhir [Opick] : 2005
371.    Kami Masa Depan [Denada feat. Bina Vokalia] : 1996
372.    Bidadari [Andre Hehanussa] : 1995
373.    Aksi Kucing [White Shoes & The Couples Company] : 2006
374.    Aku Tetap Cinta [Utha Likumahuwa] : 1986
375.    Menjelma [Andien] : 2002
376.    Sephia [Sheila On 7] : 2000
377.    Saat Terindah [Ermy Kullit] : 2000
378.    Sabda Alam [Ismail Marzuki] : 1956 / [White Shoes & The Couples Company] : 2006
379.    Kutemukan [Krakatau] : 1994
380.    Dendang Bersahutan [Cozy Street Corner]
381.    Buka Hati [Katon Bagaskara feat. Nugie] : 1994
382.    Bunga Di Tepi Jalan [Koes Plus] : 1971 / [Erwin Gutawa feat. Duta SO7] : 2004
383.    Ode Buat Extrimist [Ahmad Band] : 1998
384.    Mata, Hati, Telinga [Maliq & The Essentials] : 2009
385.    Gadis Malam [Danny Sprit] : 1992
386.    Nyanyian Laut [Nicky Astria] : 1991
387.    Jangan Terulang Lagi [Koes Plus] / [Erwin Gutawa feat. Fadly Padi] : 2004
388.    Di Udara [Efek Rumah Kaca] : 2007
389.    Hanya Cinta Yang Bisa [ Titi DJ feat. Agnes Monica] : 2003
390.    Kr. Pasar Gambir [Bram Titaley] / [Chrisye] : 2002
391.    Kekagumanku [Candra Darusman] : [Shelomita] : 2000
392.    Kehidupan [Louise Hutahuruk & Prambors Band] : 1978
393.    Pasti Dapat [Emerald] : 1990
394.    Tega [Glenn Fredly] : 2006
395.    Jenuh [GSP feat. Ahmad Albar] : 1977 / [Erwin Gutawa feat. Pinkan Mambo] : 2007
396.    Sarjana Muda [Iwan Fals] : 1981
397.    Keranjingan Disco [GSP feat. Johny Lewuerisa ] : 1977
398.    Khayal [Purnama Sultan] : 1978
399.    Bogor Biru [Sore] : 2008
400.    Benci Sendiri [Atiek CB] : 1995
401.    Terus Berlari [Dewi Yull] : 1987
402.    Cewek Matre [Black Skin] : 1995
403.    Daripada [Imaniar] : 1989
404.    Dunia Boleh Tertawa [Titi DJ & Indra Lesmana] : 1990
405.    Surabaya [Dara Puspita] : 1966
406.    Kau Dan Liku [Pretty Sisters] : 1985
407.    Lagu Peri [Titi DJ] : 2003
408.    Senyum Yang Hilang [Sophia Latjuba] : 1990
409.    Kasih [Vina Panduwinata] : 1985
410.    Bias Sinar [Nicky Astria] : 1990
411.    Jalan Masih Panjang [7 Bintang] : 1989
412.    Masih Bisa Tersenyum [Padi] : 2005
413.    Pertama [ReZa] : 1997
414.    Sinar Matamu [Titi DJ] : 1994
415.    Tertipu Lagi [Duo Kribo] / [Pretty Sisters] : 1984 / [Nicky Astria] : 1995 / [Armand Maulana] : 2004
416.    Kembali Ke Sekolah [Sherina] : 1999
417.    Lilin-Lilin Kecil [Chrisye] : 1977
418.    Nada Dan Asmara [Modulus] : 1992
419.    Nuansa Kasih [Sandro Tobing] : 1988
420.    Kaupikir Kaulah Segalanya [Edane] : 2002
421.    Cinta Terlarang [Ren Tobing] : 2003
422.    Biarlah Sepi [Eddy Silitonga] : 1975
423.    Biru [Anda] : 2008
424.    Iman & Godaan [Fariz RM feat. Dian Pramana Putra] : 1988
425.    Nyanyian Badai [Mel Shandy] : 1991
426.    Bila Di Hati Masih Ada [January Christy] : 1990/91
427.    Aku [Atiek CB] : 1987
428.    Semalam [Jack & Indra Lesmana feat. Titi DJ] : 1986
429.    Panas [Rosmilina Simbolon] : 1987
430.    Tunjuk 1 Bintang [Ecoutez!] : 2005
431.    Potret [Titi DJ] : 1988
432.    Kau Dan Aku [Ronnie Sianturi & Atiek CB] : 1991
433.    Bidadari Timur [GSP feat. Irawadi] : 1984
434.    Kidung [Pahama] : 1978
435.    Tjah Ajoe [Chrisye feat. Naif] : 2004
436.    Pemeran Pengganti [Magenta Orchestra] : 2006
437.    Jangan Bedakan Kami [Pakarock] : 1989
438.    Datanglah Ceria [Utha Likumahuwa] : 1984
439.    Misteri Ilahi [Ari Lasso] : 2001
440.    Masa-Masa [January Christy] : 1987
441.    Baru Jadi [Denada] : 2000 / [Ratu] : 2003
442.    Cantik [Indra Lesmana] : 1995
443.    Sebatas Mimpi [Rita Effendy] : 1996
444.    Permataku [Java Jive] : 1995
445.    Kroncong Protocol [Bondan & Fade 2 Black]
446.    Saksi Gitar Tua [Gong 2000] : 1991
447.    Alexander Graham Bell [The Upstairs] : 2004
448.    Saat-Saat Bahagia [Modulus feat. Asti Asmodiwati] : 1989
449.    Hanya Karena Cinta [The Groove] : 2004
450.    Ikat Laut Pun Menari Di Lenganmu [Farid Hardja & Bani Adam]
451.    Cerita Mimpi [Paquita] : 1995
452.    Satu Kebanggaan [Potret] : 1998
453.    Kata Hatiku [Elfa’s Girls] : 1988
454.    Asmaraku Asmaramu [The Kids Brothers] / [Dhenok Wahyudi & Indra Tjahja]
455.    Buku Ini Aku Pinjam [Iwan Fals] : 1988
456.    Kasmaran [Vina Panduwinata] : 1983
457.    Bilakah Kau Pulang [Koes Plus] / [Erwin Gutawa feat. Audy] : 2004
458.    Suara Hati Seorang Kekasih [Melly] : 2002
459.    Jurang Pemisah [Yockie Soerjoprajogo feat. Chrisye] : 1977
460.    Putaran Resah [January Christy] : 1983
461.    Ruang Hampa [Katon Bagaskara] : 1996
462.    Masih Ada [Rida Sita Dewi] : 1995
463.    Andai Saja [Iga Mawarni] : 1998]
464.    Indonesia Pusaka [Twilite Orchestra feat. Agus Wisman] : 1998
465.    Robinhood [Oppie] : 2001
466.    Hidup Ini Indah [Imel Key] : 2002
467.    Seperti Kekasihku [Padi] : 1999
468.    Selamat Malam [Ikang Fawzie] : 1984
469.    Sekuntum Kembang [Harry Roesly feat. Netta Kusumah Dewi] : 1992
470.    Di Antara Bias Ragu [Nicky Astria] : 1986
471.    Kisah Insani [Chrisye feat. Vina Panduwinata] : 1985
472.    Willy [Iwan Fals] : 198.
473.    Letih [Julia Rafain] : 1987
474.    Dendamku [Rita Effendy] : 2000
475.    Terima Kasih [Chrisye feat. Titi DJ & Utha Likumahuwa] : 1986
476.    Pak Tua [Elpamas] : 1991
477.    Kabut Cinta [Cici Sumiati] : 1985
478.    Selimut Neraka [SAS] : 1986
479.    Tanya [Memes] : 1998
480.    Manusia Dan Kehidupan [Renny Jayusman] : 1988
481.    Hingga Ujung Waktu [Sheila On 7] : 2002
482.    Selamat Malam Sayang [Titiek Puspa] / [Iwan Fals] : 2004
483.    Indahnya Sepi [Candra Darusman]
484.    Katakan Rasakan [Various Artist] : 1989
485.    Merah [Bonita] : 2003
486.    Persembahan [Denada] : 2000 / [ReZa] : 2002
487.    Kuingin Kau Mati Saja [Souljah] : 2007
488.    Samba [Imaniar] : 1991
489.    Lagu Cinta [Dewa] : 2000
490.    Satu Jam Saja [Asti Asmodiwati] : 1989
491.    Kepastian [January Christy] : 1987
492.    Rinai Hujan [Bornok Hutahuruk] : 1984
493.    Kota Mati [Peterpan] : 2007
494.    Terjadi Lagi [Karimata feat. Neno warisman] : 1988
495.    Dan [Sheila On 7] : 1999
496.    Gelisahmu [Premix Band] : 1992
497.    Setahun Kemarin [Kahitna] : 1998
498.    Selalu Jatuh Cinta [Anang & KD] : 2006
499.    Luka [Biru Langit] : 1986
500.    Sampai Mati Cinta Padamu [Nugie feat. Sissy Prisilla] : 2004
ImageImageImageImage

Tidak ada komentar:

Posting Komentar